4/19/2017

Aplikasi Teknik dan Bentuk Instrumen Serta Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 - Aplikasi Teknik dan Bentuk Instrumen Serta Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013 ditulis oleh Unknown pada 4/19/2017. Form Instrumen Aplikasi instrumen dan rubrik penilaian sikap kurikulum 2013 terbaru tahun 2016 sesuai panduan, coba kami bagikan referensi u... .
Aplikasi Teknik dan Bentuk Instrumen Serta Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Form Instrumen
Aplikasi instrumen dan rubrik penilaian sikap kurikulum 2013 terbaru tahun 2016 sesuai panduan, coba kami bagikan referensi untuk rekan guru pada k13 tahun 2016 ini penilaian sikap merujuk pada permendikbud 53 tahun 2015 dilakukan secara langsung oleh Guru Mapel Pendidikan Agama & Budi Pekerti, serta guru mapel PKN.

Pengertian Sikap
Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.

Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

Cakupan Penilaian Sikap
Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang  Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.
Lihat sebagai berikut

DOWNLOAD INSTRUMEN PANDUAN PENILAIAN SIKAP
Bendahara Sekolah Blog mengharapkan tersebut merupakan bahan informasi yang tepat dan akurat sebagai pendukung kegiatan proses belajar mengajar dan administrasi guru di sekolah tepatnya pada materi Download sesuai standar KEMDIKBUD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts