1/17/2017

Download Contoh SK & KD Bahasa Inggris SD Kelas IV (4)

Kurikulum 2013 - Download Contoh SK & KD Bahasa Inggris SD Kelas IV (4) ditulis oleh Unknown pada 1/17/2017. Download Contoh SK & KD Bahasa Inggris SD Kelas IV (4)  semester 1 dan 2 tentunya menjadi salah satu berkas yang sangat dibutuhkan oleh ... .
Download Contoh SK & KD Bahasa Inggris SD Kelas IV (4) semester 1 dan 2 tentunya menjadi salah satu berkas yang sangat dibutuhkan oleh para guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Di bahaw ini merupakan beberapa kutipan yang disalin dari dokumen yang nantinya bisa Bapak/Ibu Guru download melalui tombol download di bawah artikel ini.

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SD, MI, DAN SDLB


Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.

Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu ditetapkan standar kompetensi bahasa Inggris bagi SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Kompetensi lulusan SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan untuk belajar bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah.

[caption id="attachment_156" align="alignnone" width="877"]Download Contoh SK & KD Bahasa Inggris SD Kelas IV (4) _2 Download Contoh SK & KD Bahasa Inggris SD Kelas IV (4)[/caption]

Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action. Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”. Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi. Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks.

Tujuan

Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global

Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.

Penjelasan Download Contoh SK & KD Bahasa Inggris SD Kelas IV (4) di atas tidak perlu panjang lebar saya utarakan karena Bapak/Ibu Guru sudah pasti lebih memahami apa, seperti apa dan bagaimana cara menggunakan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

Silahkan download file berikut ini :

[button-green url="http://goo.gl/it1UHH" target="_blank" position="center"]Download[/button-green]
Bendahara Sekolah Blog mengharapkan tersebut merupakan bahan informasi yang tepat dan akurat sebagai pendukung kegiatan proses belajar mengajar dan administrasi guru di sekolah tepatnya pada materi Bahasa Inggris sesuai standar KEMDIKBUD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts